Anda pernah melihat gambar ini?

Yap, anda benar! Ini adalah LAMANG TAPAI, makanan khas Sumatera Barat yang “menggiurkan”. Lamang tapai adalah salah satu makanan favorit saya terutama disaat bulan suci ramadhan.

.

Di kota kelahiran saya (Kota Dumai-Propinsi Riau), mencari penganan ini tidaklah sulit. Ini dikarenakan mayoritas penduduk DuCit (Dumai City) adalah suku pendatang dari Sumatera Barat yang menyebabkan banyaknya kuliner khas”Lidah Padang”. Sementara jika saya mencari di Jakarta (domisili saya sekarang) akan sangat sulit menemukannya. Biasanya lemang hanya dijual di daerah tertentu atau di supermarket besar dengan harga yang lumayan mahal.

.

.

.

SEJARAH LAMANG TAPAI

Lamang adalah beras ketan yang dimasak dengan santan dalam bambu muda. Bahan utamanya adalah beras ketam putih, santan kelapa, daun pandan, dan sedikit garam. Beras ketan dicuci bersihkan dulu dan dimasukan ke dalam ruas bambu muda yang terlebih dahulu dilapisi dalamnya dengan daun pisang kemudian baru dituangkan santan ke berasnya dan di bakar dengan bara api, dijaga jangan sampai ruas bambu terbakar.

Tapai adalah tape beras ketan hitam yang dibuat dengan memfermentasikan beras ketan dengan ragi.

Lamang dimakan bersama Tapai sehingga dinamakanlah Lamang Tapai.

.

.

.

MENCICIPI LAMANG TAPAI

Pukul 13.30 : Pesawat yang menghantarkan saya dari Jakarta menuju Pekanbaru tiba.

.

Setelah dijemput oleh ayah dan ibu saya, kami bertolak dari bandara menuju DuCit. Sepanjang perjalanan kami melihat banyak penjual lamang tapai bertebaran bak jamur di musim hujan. Tentu saja pemandangan tersebut mengundang rasa penasaran saya untuk mencicipi kuliner langka tersebut. Ternyata ibu saya pun merasakan hal yang sama. Akhirnya kami sepakat meminggirkan mobil sejenak di pinggiran jalan penjual lamang tapai.

.

Ibu saya kemudian turun untuk membeli. Lamang tapai tersebut dibanderol dengan harga Rp 25.000/satu bambu ukuran 30 cm. Cukup murah dibandingkan dengan harga di jakarta yakni Rp 35-45 ribu/setengah bambu ukuran 15 cm. Very nice price ^_^

.

MARI LESTARIKAN KULINER INDONESIA!!!

About Raffreds

Open the eyes of the world, Creating the impossible, Inspiring many people.
This entry was posted in CULINARY. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

  • Raffreds Northman

  • 8 Universitas Termahal Di Indonesia Tahun 2011

  • Select Categories

  • Blogroll

  • Latest Tweets

  • November 2013

    August 2011
    M T W T F S S
    « Jun   Sep »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
  • Quote

    Discipline, Focus, and Patience
  • Visitors Today

    1,666
    Unique
    Visitors
    Google Analytics

Browse by Topic