Kriteria penilaian:
1. Asumsi total biaya selama 10 semester (S.Ked + Co-Assistant)
2. Total biaya mencapai minimal Rp 300 juta atau lebih
3. Biaya meliputi sumbangan pendidikan, biaya studi per semester, biaya laboratorium, dll
3. Mencakup kelas reguler (PTS), kelas internasional (PTN) dan jalur mandiri (PTN)

.

.

.

1. FK UPH

Universitas Pelita Harapan

Akreditasi : B

Lokasi : Lippo Karawaci, Tangerang
Total biaya studi : Rp 502.250.000
Biaya semester : Rp 31.350.000

.

2. FKUI Internasional

Universitas Indonesia

Akreditasi : ?

Lokasi : Salemba, Jakarta Pusat
Total biaya studi : Rp 425.000.000
Biaya semester : Rp 35.000.000

.

3. FK UAJ

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Akreditasi : A

Lokasi : Pluit, Jakarta Utara
Total biaya studi : Rp 350.275.000
Biaya semester : Rp 18.075.000

.

4. FK UKM

Universitas Kristen Maranatha

Akreditasi : B
Lokasi : Surya Sumantri, Bandung
Total biaya studi : Rp 341.530.000
Biaya semester : Rp 22.000.000

.

5. FK UGM International

Universitas Gadjah Mada


Akreditasi : ?

Lokasi : Yogyakarta
Total biaya studi : Rp 340.000.000
Biaya semester : Rp 20.000.000

.

6. FK UKI

Universitas Kristen Indonesia

Akreditasi : B

Lokasi : Cawang, Jakarta Timur
Total biaya studi : Rp 328.300.000
Biaya semester : Rp 17.000.000

.

7. FK Untar

Universitas Tarumanagara

Akreditasi : B

Lokasi : Grogol, Jakarta Barat
Total biaya studi : Rp 328.000.000
Biaya semester : Rp 15.350.000

.

8. FK Trisakti

Universitas Trisakti

Akreditasi : B

Lokasi : Grogol, Jakarta Barat
Total biaya studi : Rp 322.500.000
Biaya semester : Rp 17.000.000

.

9. FK Yarsi

Universitas Yarsi

Akreditasi : A

Lokasi : Cempaka Putih, Jakarta Pusat
Total biaya studi : Rp 312.000.000
Biaya semester : Rp 14.000.000

About Raffreds

Open the eyes of the world, Creating the impossible, Inspiring many people.
This entry was posted in EDUCATION, University & College and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

39 Responses

  1. rere says:

    Ya gitu d…. Hiuffff

  2. mayra says:

    Wooowww

  3. Galileo says:

    FK UGM International harusnya masuk .

  4. Anna says:

    Wow yg termurah mana?

  5. kha says:

    setuju…
    , FK INTERNASIONAL UGM kan biaya masuk $ 14.000
    sppnya $ 2.000/semester

    • pd_sagitta says:

      Terima kasih atas masukannya. Kami senantiasa menerima kritik, masukan, dan perubahan dengan sumber yang jelas.

  6. sofy says:

    yg paling murah di mana???ada beasiswa gk???di fkui??

    • pd_sagitta says:

      FKUI sepertinya ada beasiswanya kok untuk ekonomi lemah namun berprestasi, coba saja cek “www.ui.ac.id”. Saya akan merencanakan untuk merilis “Universitas Termurah Di Indonesia”, namun belum saat ini. Tunggu saja ya. Terima kasih atas partisipasinya.

  7. Donkey says:

    Fk trisakti persemester 12 juta.. Dan biaya perkiraannya tdk sampai segitu. CMIIW. Bahkan setau saya Yarsi lebih mahal.. (Sekali lg, cmiiw) Btw, ini sumbernya darimana ya?

    • pd_sagitta says:

      Biaya Gedung (SPP) Yarsi lebih mahal dari Trisakti, namun biaya semester Yarsi (BPP) tidak semahal Trisakti. Jika di total harga Trisakti lebih mahal “sedikit” dibandingkan Yarsi. Sumber yang kami dapat langsung dari mahasiswa baru 2011 di universitas yang kami survey. Terima kasih atas pertanyaannya.

  8. Asmaul Husna says:

    FK UGM, lumayan tuh, dijadiin target..!!

  9. Donkey says:

    saya bertanya kepada maba Yarsi kemarin, biaya persemester Yarsi adalah 15 juta. Dan saya punya rincian lengkap biaya persemester FK Trisakti : 12 juta.

  10. Donkey says:

    FK Trisakti berikut rinciannya : total Rp. 288,5 jt (8 semester). (BPP Pokok 12,5 jt. BPP tambahan 225 rb ada 22 sks. Biaya praktikum 12,5 jt)

    Sebelumnya mohon maaf jika ada kata2 saya yg kurang berkenan. Hanya saya agak kaget saja mengetahui biayanya yg mencapai 322 juta. Apakah biaya koas semahal itu?

  11. yankers says:

    Kalo fk unpad bandung ada g ?

  12. Ulfa says:

    Pend.dokter uin jakarta tahun ini jg mahal
    naik 50% dari tahun sblumnya…
    20jt per semester
    uang pangkal 70jt,
    hefff

  13. tear says:

    setau gw,trisakti jg terkenal mahalnya deh dr jaman jebot..trs ptn2 hari gini yg bkn inter jg hampir sama ma swasta,malah ada yg lbh. biaya per semesternya sih emg lbh murah ya..tp ada lalala-lililinya lagi

  14. hmmmmm sekarang emg mahalll untung dapat baya siswa hehehehe!!!

  15. elyin maulida says:

    wwiidiihh … mmahhall ammuattdzz ,, yngg murraahh adda gg ????

  16. arif says:

    wah mahal2 ya, ampe ratusan juta, setara investasi perusahaan mapan

  17. Maureen says:

    Bila diperhitungkan ternyata lebih murah sekolah Dokter di LN (mis Pilipina dan India) dengan kwalitas dan taraf internasional bisa praktek di seluruh dunia

  18. Bolobolo says:

    FK UNDIP (Universitas Diponegoro, Semarang) tergolong terjangkau dengan akreditasi A dan termasuk TOP Five Kedokteran di Indonesia. Apalagi sekarang sudah mempunyai Rumah Sakit Pendidikan bertaraf Nasional milik almamater. Tahun ini masuk uang pangkal 25juta dengan SPP 1,75juta sudah dgn praktikum lewat SNMPTN. Kuliah di PTN akan lebih sangat mudah baik dr segi biaya,pendidikan,dan nanti ke belakangnya dibandingkan PTS. Semangat!

  19. Bolobolo says:

    Ada beberapa universitas negeri yg menawarkan kuliah kedokteran secara ‘murah’ tinggal kita berusaha saja untuk mendapatkan jalur masuk dengan biaya miring tersebut. Selain UNDIP, Kedokteran UNS dan UNPAD masih terjangkau. Kedokteran UNS (universitas Sebelas Maret, Solo) terkenal kemurahannya sejak dulu untuk jalur masuk SNMPTN. Akreditasi lumayan, dan utk tahun lalu mendapati peringkat ke 2 pilihan terfavorit se Indonesia jalur SNMPTN. Saya kurang tahu pasti, tp gak ada 10juta, bahkan kalo ga salah 7jutaan. Biasanya lewat jalur SNMPTN pasti harganya miring ya dengan persaingan yg sedemikian ketatnya. Kalau swadana/ ujian masuk univ jangan ditanya, butuh minimal 100juta ke atas. Tetapi UGM untuk kelas reguler sekarang juga mahal dengan sistem barunya. Lewat SNMPTN sekarang bayar 100juta dengan syarat2 tertentu. Sekarang semua tergantung ke diri masing-masing. Gak selamanya kuliah di kedokteran itu mahal, ada beberapa cara untuk menyiasatinya.
    Ini cuma sharing. Cmiiw guys!
    Keep struggle!

  20. andika says:

    yaudah…masuk UNRI aja…lbih murah..akreditasi B tp keluaran ok…kna sudah beberapa tahun nilai UKDInya masuk 5/10 besar se indonesia…uang masuk 35jta dan persmester 3 jta bwat tahun dpan

  21. suhada says:

    Kalo gitu mah yang miskin mah gak usah masuk kedokteran atuh, tetap kelas berduit aja yang menikmati.

  22. arief says:

    senang baca2 info spt ini, terutama utk yg domisli diluar Indo, butuh byk masukan ttg PT diIndo yg harganya terjangkau. Btw kalo program internas yg ada spt di UGM/ UI, apakah hrs melanjutka keluar negri, biar dpt double degree..?? mohon masukannya, sekedar tambahan info, utk pertimbangan, anakku kalo balik ke Indo, terustrang, biayanya pasti akan bengkak sekali…

  23. indah says:

    weewww…!
    ank FK it mahal :(

  24. niken widiarti says:

    UNRI adanya dimna kak??? pengen bgt masuk fakultas kedokteran engan harga terjangkau

  25. endah says:

    UNS almamater saya murah meriah tapi yo harus “nrimo” fasilitas yg didapat dengan biaya murah itu tadi. Walo saya bukan alumni FK tp FK UNS termasuk murah kok :P

  26. james says:

    jdi bingung mau pilih yg mna, sbnernya mau yg biaya terjangkau alias MURAH sih biar gk merepotin ortu :(

Leave a Reply

  • Raffreds Northman

  • 8 Universitas Termahal Di Indonesia Tahun 2011

  • Select Categories

  • Blogroll

  • Latest Tweets

  • November 2013

    February 2011
    M T W T F S S
    « Jan   Mar »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28  
  • Quote

    Discipline, Focus, and Patience
  • Visitors Today

    1,979
    Unique
    Visitors
    Google Analytics

Browse by Topic